Update patch MLBB terbaru 20 Desember: Kebangkitan hero Figther yang terlupakan
Ada banyak hero fighter terlupakan yang punya potensi masuk META melalui update patch MLBB terbaru 20 Desember 2024.
Pada update patch MLBB terbaru yang rilis di Original Server pada Sabtu (20/12) menghadirkan cukup banyak perubahan. Kabar baiknya adalah, ada beberapa hero Fighter yang sangat terlupakan di META saat ini mulai mendapat perhatian untuk bisa bersinar.
Beberapa hero Fighter MLBB yang mendapat perhatian di update patch MLBB terbaru adalah Sun, Argus, Aulus, Zilong, dan lainnya. Pasalnya, hero-hero tersebut terlalu mengandalkan damage dari basic attack mereka tanpa memiliki damage burst yang membuat mereka sangat lemah di early game dan hanya bisa melakukan split push di late game.
Selain perubahan yang diberikan kepada kemampuan dari skill-skillnya, Moonton juga mencoba memanjakan hero-hero terlupakan tersebut dengan menghadirkan perubahan pada item Rose Gold Meteor pada update patch MLBB kali ini. Para Fighter yang mengandalkan basic attack akan memiliki daya tahan yang tidak jauh berbeda dengan Fighter semi-tank lainnya, bahkan tanpa perlu membeli equipment defense.
Berikut ini segala perubahan pada hero dan item yang terjadi pada update patch MLBB 20 Desember 2024.
Perubahan di update patch MLBB 20 Desember 2024
Hero Baru: Lukas
Lukas merupakan hero Fighter terbaru di Land of Dawn yang bisa berubah menjadi Makhluk Suci. Dirinya pun memiliki dua kekuatan berbeda ketika berada dalam bentuk manusia (human form) dan dalam beast form.
Pasif – Hero’s Resolve
Lukas memperoleh satu Resolve per detik dan tambahan 2 Resolve saat memberikan damage pada hero.Ia mengonsumsi 10 Resolve per detik saat menggunakan bentuk Sacred Beast.
Skill 1 – Flash Combo
Dalam bentuk manusia
Lukas meningkatkan Flash Combo dengan Basic Attack-nya hingga dua kali, berlangsung selama empat detik. Lukas menghabiskan semua Vigor untuk melepaskan Pulverize, yang memberikan damage, juga menimbulkan serangan tambahan tergantung pada Vigor yang dikonsumsi.
Dalam bentuk Beast
Lukas meningkatkan Flash Combo dengan Basic Attack-nya hingga dua kali, yang berlangsung selama empat detik.
Lukas menghabiskan semua Vigor untuk melepaskan serangan ayunan ekor, yang memberikan Physical Damage dan menimbulkan serangan tambahan tergantung pada Vigor yang dikonsumsi. Saat mengenai hero, ia juga memulihkan HP.
Skill 2 – Flash Step
Dalam bentuk manusia
Lukas berlari ke arah target, memperkuat Basic Attack berikutnya menjadi Flash Strike, yang memungkinkannya untuk melompat ke belakang musuh, memberikan Physical Damage, memperoleh peningkatan Movement Speed, Attack Speed, dan Attack Range, dan memanggil badai petir pada setiap Basic Attack untuk memberikan Physical Damage tambahan dalam durasi singkat.
Dalam bentuk Beast
Lukas berlari ke arah target, meningkatkan Basic Attack berikutnya menjadi Lightning Clash, yang mendorong musuh mundur, memberikan Physical Damage, memberikan peningkatan Movement dan Attack Speed, dan memanggil badai petir pada setiap Basic Attack untuk memberikan Physical Damage tambahan dalam durasi singkat.
Ultimate – Unleash the Beast/Shockwave Blast
Dalam bentuk manusia
Lukas berubah menjadi wujud Sacred Beast, meningkatkan Movement Speed dan semua atribut, serta memberikan efek skill baru.
Semua atribut: HP, Physical Attack, Attack Speed, Jangkauan Serangan, Magic DEF dan Physical DEF.
Gunakan Lagi: Meluncurkan Shockwave Blast yang meledak saat mengenai hero musuh atau pada jarak maksimal, memberikan Physical Damage dan memicu guncangan susulan yang memberikan Physical Damage.
Dalam bentuk beast
Sacred Beast menembakkan Shockwave Blast yang meledak saat mengenai hero musuh atau pada jarak maksimal, memberikan Physical Damage dan memicu tiga guncangan susulan yang memberikan Physical Damage.
Penyesuaian hero di update patch MLBB terbaru 20 Desember 2024
Sun
Kekuatan damage burst dan crowd control Sun kini telah ditingkatkan untuk mengeluarkan potensi terbaiknya dalam menyergap sebagai Jungler. Pengembang juga telah meningkatkan daya tahannya di early game untuk memperkuat kemampuan farming di EXP Lane sambil mengurangi damage berkelanjutannya agar lebih seimbang.
Atribut
HP Dasar: 2.580 >> 2.500
Pertumbuhan HP: 235 >> 210
Pertumbuhan Attack Speed: 3% >> 2%
Pasif
Mengurangi 4% Physical Defense target setiap stack, hingga 10 stack >> Mengurangi 5% Physical
Defense target setiap stack, hingga 6 stack
Pemulihan HP: 50% Physical Attack Doppelganger >> 75 + 25% Physical Attack Doppelganger
Skill 1
Cooldown: 10 detik >> 10-8 detik
Skill 2
Cooldown: 10 detik >> 10-8 detik
Skill ini tidak lagi berhenti saat mengenai unit hero.
Skill 3
Damage Dasar: 170-320 + 40% Total Physical Attack >> 270-320 + 40%-55% Total Physical Attack Efek Baru: Menyebabkan 20% Efek Slow selama 1,5 detik ke target yang terkena. Efek Slow bisa di-stack hingga 3 kali dengan Doppelganger.
Cooldown: 4 detik >> 6 detik
Mengoptimalkan animasi dan efek visual skill untuk memberikan kesan kekuatan padanya.
Ultimate
Durasi Doppelganger: 12 detik >> 8 detik
Argus
Argus mempunyai win rate yang tinggi dalam pertandingan rank tingkat tinggi, terutama karena potensi 1v1 yang kuat dan kemampuan split push serta menghancurkan base setelah mendapatkan item utamanya. Tapi, dia lemah saat fase laning di early hingga mid game. Maka dari itu, pengembang memberikan Ultimate baru yang bisa membalikkan keadaan di dalam teamfight, dan memperkuat fase laning di early hingga mid game, sambil mengurangi damage skill dan kekuatan split push-nya.
Pasif
Pemulihan Dasar Demonic Slash: 200 HP >> 150 HP
Damage Demonic Slash: 150 + 100% Total Physical Attack >> 180 + 80% Total Physical Attack
Malice Energy Tambahan yang Didapatkan saat Critical: 5 >> 10
Skill 2
Dihapus: Menyerang target yang terkena Curse memberikan 200% Malice Energy.
Efek baru: Mengenai lawan akan memberikan 100 Malice Energy (Malice Energy yang berlebih akan disimpan untuk Basic Attack berikutnya).
Damage Dasar: 300-400 >> 120-240 –
Ultimate – Eternal Evil (Baru)
Argus menarik Meteoric Sword-nya, memberikan Physical Damage ke lawan di sekitar dan menjadi Fallen Angel.
Jika serangan ini mengenai hero lawan, Meteoric Sword akan diperkuat (dan Argus mendapatkan banyak Malice Energy setelah Demonic Slash).
Jika dia menerima damage mematikan selama transformasi, durasi mode Fallen Angel akan langsung direset.
Jika dia tidak menerima damage mematikan selama transformasi, cooldown akan berkurang 50% saat Skill berakhir.
Aulus
Melalui perubahan ini, pengembang ingin meningkatkan mekanisme stack pasif dan daya tahan Aulus saat laning, sehingga dia bisa menjadi inisiator dalam pertarungan. Kini “The Power of Axe” Aulus jadi lebih kuat, bisa menyebabkan slow ke lawan dan memberikan damage lebih besar saat stack Fighting Spirit penuh.
Pasif
Stack Pasif Maksimum: 4 >> 3
Attack Speed yang Diberikan setiap Stack: 9-12% >> 15%
Efek Dihapus: Setiap stack [Fighting Spirit] meningkatkan 1-4 Physical Penetration.
Efek Dihapus: Saat stack [Fighting Spirit] penuh, mendapatkan 10% Movement Speed.
Skill 2
Efek Baru: Menyebabkan 20% slow ke lawan yang terkena selama 3 detik.
Efek Baru: Saat digunakan ketika stack Fighting Spirit penuh, memberikan Physical Damage tambahan sebesar 3,5-6% (berskala dengan Level Skill) Max HP target ke lawan dalam jangkauan (maksimal 200-900 Damage Tambahan terhadap Creep).
Damage Dasar: 240-440 >> 200-400
Pengaktifan Pemulihan HP dari Basic Attack yang Diperkuat: Mengenai hero lawan atau Creep >>
Mengenai target lawan (sekarang termasuk Minion lawan)
Ultimate
Efek Blade Craft: Basic Attack memberikan 50 Physical Damage tambahan saat stack [Fighting Spirit] penuh > Basic Attack selalu memberikan 50 Physical Damage tambahan (bisa di-stack dengan efek dari stack penuh [Fighting Spirit])
Zilong
Pengembang telah meningkatkan kemampuan bertarung Zilong di early dan mid game, memudahkannya untuk mereset Skill 2-nya, tetapi Attack speed dari Ultimate-nya kini telah dikurangi agar seimbang.
Pasif
Pemulihan HP Dasar: 30 >> 50
Efek Baru: Saat HP target di bawah 50%, skill dan Basic Attack Zilong memberikan damage tambahan sebanyak 30.
Ultimate
Peningkatan Attack Speed: 45%-75% >> 35%-55%
Badang
Sulit untuk memaksimalkan damage Ultimate Badang karena durasi crowd control-nya lebih pendek dibanding durasi pemberian damage. Jadi, pengembang telah meningkatkan durasi crowd control dan menyeimbangkannya dengan meningkatkan cooldown skill, plus mengurangi jeda sebelum Skill 1 aktif untuk meningkatkan pengalaman bermain.
Skill 1
Mengurangi 25% jeda sebelum skill aktif.
Ultimate
Durasi Crowd Control: 0,6 detik >> 1 detik
Cooldown: 30-26 detik >> 45-35 detik
Harith
Mengoptimalkan pengalaman menggunakan Skill 2, yaitu dengan meningkatkan kecepatan dash secara drastis sambil sedikit mengurangi jarak dash, mempersingkat durasi dash secara drastis untuk meningkatkan pengalaman kombo. Selain itu, jangkauan basic attack-nya pun telah ditingkatkan untuk mempertahankan jarak saat melakukan basic attack setelah Skill 2.
Atribut
Jangkauan Basic Attack: 4,1 >> 4,3
Skill 2
Kecepatan Dash: 9 >> 12
Jarak Dash: 3,2 > 3
Jangkauan Basic Attack yang Diperkuat: 4,1 >> 4,3
Dyrroth
Pemulihan HP dari Wrath of the Abyss sering kali membantu Dyrroth meraih keunggulan di fase laning, tetapi menjadi kurang berpengaruh di late game. Pengembang ingin Dyrroth punya kesempatan untuk bertarung dalam waktu yang lama di mid hingga late game!
Selain itu, pengembang juga meningkatkan pengalaman penggunaannya dengan membuat Skill 2-nya bisa menargetkan Minion (tetap memprioritaskan Hero). Sekarang, Dyrroth lebih cocok dengan equipment untuk Fighter seperti War Axe dan Queen’s Wings, membuatnya bisa memberikan damage lebih besar.
Pasif
Efek Dihapus: Circle Strike memulihkan HP sebanyak 80 + 50% dari damage yang diberikan (menjadi setengah terhadap minion).
Efek Baru: Circle Strike memulihkan HP setara dengan 20 + 8% Max HP (menjadi setengah terhadap
Minion).
Skill 2
Fatal Strike (tahap dua Skill 2) sekarang bisa menargetkan semua Unit (sebelumnya tidak berlaku untuk Minion dan Unit Panggilan).
Cici
Performa Cici relatif lemah di update patch MLBB saat ini. Pengembang memperluas jangkauan basic attack-nya agar sesuai dengan jangkauan Skill 1, membuatnya bisa mempertahankan stack Pasif lebih baik saat skill-nya cooldown.
Basic Attack
Jangkauan Penggunaan: 3 >> 3.8
Alucard
Sedikit meningkatkan jeda setelah Skill 1 dan menyesuaikan cooldown-nya sebagai kompensasi.
Skill 1
Cooldown: 9,5 detik – 7,5 detik >> 8,5 detik – 6,5 detik
Menambahkan 1 frame ke jeda setelah Skill aktif untuk meningkatkan respons serangan.
Lancelot
Memperkuat damage yang diberikan Lancelot di early hingga mid game, agar bisa bersaing dengan Assassin lainnya.
Skill 2
Damage: 170-245 + 130%- 155% Physical Attack Tambahan >> 220-370 + 130% Physical Attack Tambahan
Karrie
Ultimate
Ultimate Karrie tidak memberikan Peningkatan Damage yang cukup di early hingga mid game.
Saat Ultimate diaktifkan, damage dari setiap Basic Attack meningkat sebanyak 40.
Irithel
Pengembang ingin meningkatkan damage yang diberikan Irithel setelah mengaktifkan Ultimate-nya di mid game.
Ultimate
Damage Basic Attack dengan Ultimate: 120 + 60%-80% Total Physical Attack >> 120-200 ÷ 65% Total Physical Attack
Bruno
Sebagai Marksman dengan mobilitas jarak jauh, jangkauan serangan Bruno melampaui Marksman lain yang punya skill dash. Melalui update patch MLBB kali ini, pengembang ingin mengurangi keunggulan tersebut.
Atribut
Jangkauan Basic Attack: 5,1 >> 4,8
Fanny
Seiring waktu, kekuatan Fanny melampaui ekspektasi tim pengembang setelah perubahan, membuatnya menjadi terlalu lincah. Oleh karena itu, pengembang menghadirkan sedikit menyesuaikan Pemulihan Energy-nya agar lebih seimbang.
Atribut
Pemulihan Energy: 5 >> 4
Cecilion
Setelah penyesuaian equipment, Cecilion menjadi sedikit dominan. Tim pengembang ingin sedikit mengurangi damage-nya di mid hingga late game.
Skill 1
Bonus Magic Power untuk Damage Jalur: 80% >> 70%
Bonus Magic Power untuk Damage Akhir: 160% >> 140%
Komentar
Posting Komentar